Di zaman modern ini, para pelaku bisnis mulai dari skala kecil, menengah, hingga skala besar dan professional sepertinya sudah tidak asing dengan istilah digital marketing. Bahkan saat ini banyak sekali internet platform, startup, dan jasa pelatihan yang fokus pada pengenalan secara teori dan praktik, bahkan sertifikasi untuk bisa menjadi seorang digital marketer.
Artinya, sudah banyak pebisnis atau pengusaha yang aware dan menjadikan pemasaran digital sebagai sebuah kebutuhan dalam bisnis online. Dalam hal ini, bisnis online memiliki cakupan yang sangat luas dan berlaku untuk berbagai sektor. Jika Anda baru memasuki dunia pemasaran digital, pelajari artikel ini untuk menemukan strategi digital yang efektif.
Pengertian Digital Marketing
Digital marketing adalah serangkaian strategi pemasaran yang dilakukan melalui berbagai platform online untuk meningkatkan eksposur dan dampak bisnis. Perlu diketahui bahwa digital marketing tidak hanya sebatas memperluas area bisnis, melainkan juga tentang memahami perilaku konsumen di dunia maya dan merancang strategi yang tepat untuk menjangkau mereka secara efektif.
Saat ini, digital marketing sebetulnya tak hanya dilakukan oleh pebisnis yang menjual sebuah produk, tapi lembaga pemerintah, instansi swasta, hingga content creator pun sudah banyak menggeluti pemasaran yang satu ini.
Strategi Pemasaran / Strategi Digital Marketing
Melansir dari Hubspot, strategi digital marketing adalah rencana penggunaan online channel untuk membangun kehadiran internet dan mencapai tujuan pemasaran tertentu, baik melalui pencarian organik, iklan berbayar, media sosial, atau halaman website.
Dalam konteks ini, pahami bahwa digital marketing bukanlah sekadar mengikuti tren, melainkan sebuah perencanaan yang matang untuk menarik, melibatkan, dan mengonversi pelanggan. Langkah awalnya adalah mengidentifikasi target pasar dengan cermat, memahami preferensi mereka, dan merancang strategi yang sejalan dengan kebutuhan dan keinginan market.
Kemudian, melalui strategi digital marketing, kita akan belajar bahwa setiap bisnis memiliki karakteristik unik, sehingga penting untuk menyesuaikan plan pemasaran digital sesuai dengan sifat dan tujuan bisnis.
Strategi Pemasaran 4P
Apa itu marketing 4P? Sebelum digital marketing hadir, tentunya ada marketing yang bersifat konvensional. Sedikit penjelasan, marketing 4P merupakan singkatan dari product, price, place, and promotion.
Artinya adalah, sebuah bisnis harus memikirkan produk yang berkualitas, penetapan harga yang kompetitif, distribusi yang efisien, dan promosi yang tepat.dapat menjadi pondasi untuk keberhasilan bisnis online. Namun, dalam era digital, aspek-aspek ini perlu diadaptasi lebih lanjut.
Pertama, pastikan produk atau layanan Anda memiliki keunggulan yang dapat dibedakan secara online. Kedua, tentukan strategi harga yang menggambarkan nilai tambah produk Anda. Ketiga, Anda perlu memastikan ketersediaan produk secara online dan menyediakan metode pembayaran yang nyaman. Keempat, promosikan secara efektif melalui saluran digital yang relevan untuk mencapai target audiens.